Waspadai Sparepart Elektronic

          Jika anda memperbaiki perangkat elektronika seperti TV, Audio, Power suply, dll kebetulan ada komponen yang harus diganti semisal Transisitor, Electrolit Condensator (ELCO), IC, FET, dsb teliti dulu barang yang akan beli ditoko. Seringkali saya ketika membeli komponen ditoko baru atau toko langganan saya yang karyawannya baru langsung disuguhi dengan komponen yang umum harganya (kadang-kadang dapet tulisan aja persis, tapi ternyata sablonan aja). Tanyakan dulu apa ada yang lebih bagus kualitas nya, harga tentunya juga ikut tinggi. Tapi kualitas dan harga sangat berpengaruh. Kalau barang bagus rata-rata bisa langsung kita gantikan ke perangkat yang rusak tadi tanpa ada masalah dan umurnya lebih lama dari pada yang abal-abal.

          Pernah denger kalau di Jakarta sana ada beberapa importir menghapus komponen yang bermerek lain dengan harga yang murah, kemudian setelah merek dihapus lalu disablon ulang dengan merek terkenal agar bisa cepet laris dipasaran karena harga yang murah.

         Contoh-contoh komponen yang sering diganti merek dan nomor nya antara lain Aki kering, Transisitor, Elco, dan IC. Kadang sebelum ganti komponen saya konfirmasi langsung dengan pelanggan saya, mau dikasi yang asli atau yang gak asli. Soalnya pelanggan kadang yang penting perangkatnya bisa asal dipakai aja tanpa peduli umur kualitas dan lain sebagainya.

        Yang penting sebelum membeli komponen/sparepart tanya dulu kualitas dan harga kepenjualnya, kalau ada beberapa versi harga tanya bedanya apa, itu kalau karyawannya yang jual ngerti barang.